Kamis, 03 Desember 2015

Tips Menata Dapur Agar Tetap Bersih dan Rapi

Tips Menata Dapur Agar Tetap Bersih dan Rapi

  Desemjber 4, 2015  / By Ria Yuliana Putri
Untuk kegiatan masak-memasak sekaligus tempat untuk menyimpan makanan, tentu saja dapur menjadi rawan kotor dan berantakan. Kondisi dapur yang tidak bersih pastinya membuat kita jadi tidak nyaman untuk memasak. Apalagi buat kamu yang cukup banyak menghabiskan waktu di dapur untuk membuat beraneka masakan dan makanan untuk keluarga, dapur adalah kunci utama kebahagiaan yang wajib kamu rawat agar kondisinya tetap bersih dan rapi.
Setiap kali selesai memasak, dapur menjadi berantakan dan kotor dong… Pastinya sangat tidak enak dipandang. Penataan alat dapur yang tidak rapi juga menyusahkan kita saat hendak menggunakannya karena kita harus cari-cari dulu. Inilah pentingnya menata dapur, kamu bisa mengatur penyimpanan alat masak, makanan, serta memberi sedikit ornamen sehingga dapur menjadi terlihat bersih, rapi, dan indah.
Toppers yang punya hobi memasak, jangan acuhkan kebersihan dapur ya. Kali ini Toped akan kasih tips menata dapur agar dapur kamu selalu bersih dan rapi.

Selalu Membersihkan Bagian-Bagian Dapur

Kalau dapur sudah keburu terlalu kotor sehabis kita gunakan, pasti rasanya malas banget ya Toppers untuk membersihkannya. Nah, kamu bisa sedikit demi sedikit membersihkannya selagi kamu memasak atau membuat makanan. Jangan biarkan semua peralatan masak yang kotor menumpuk di tempat cuci piring. Bersihkan satu demi satu setelah menggunakannya. Selain itu, sebelum menaruh berbagai peralatan masak, kamu juga bisa sekalian membersihkan tempat atau raknya agar bebas debu. Sebelum menata kembali dapur kamu, hal penting yang wajib dilakukan adalah membuat dapur bersih terlebih dahulu.
membersihkan dapur
Sumber: imgkid.com

Mengganti Peralatan yang Rusak

Kamu bisa coba melihat sekeliling di dapur kamu Toppers. Perhatikan apakah ada peralatan masak yang sudah rusak dan usang. Jangan sampai alat-alat tersebut menumpuk tidak kamu pakai ya Toppers. Selain sudah tidak bisa digunakan, alat-alat yang rusak tersebut juga hanya memenuhi ruang. Hal yang sama pun berlaku pada bagian dapur yang sudah tidak berfungsi seperti tempat cuci piring yang tersumbat, kamu perlu memperbaikinya agar kamu tetap bisa menggunakan dapur dengan nyaman.
keran dapur
Sumber: bigbigtech.com

Penggunaan Wadah Transparan

Untuk penempatan bumbu-bumbu, sangat disarankan untuk menggunakan wadah transparan supaya kamu nggak keliru ketika akan mengambilnya. Alternatif lain untuk membedakan bumbu adalah dengan penggunaan label yang ditempelkan pada wadah. Dengan begitu, saat kamu hendak mengambil bumbu, kamu tidak perlu melihat satu per satu isi wadah sehingga dapur tetap terjaga kerapiannya.
wadah transparan
Sumber: lumberman-godly.blogspot.com

Tempatkan di Bagian yang Mudah Dijangkau

Saat memasak, apa yang paling sering kamu gunakan Toppers? Alat masak, bumbu, dan piring? Jika kamu sering menggunakan perlengkapan tersebut, maka sebaiknya kamu menyimpannya di rak atau laci yang mudah kamu jangkau. Jangan tempatkan di rak yang paling atas atau di laci yang paling dalam karena itu akan menyusahkanmu saat hendak mengambilnya. Nanti masakan kamu jadi keburu gosong… :D
memasak

Penempatan Sendok, Garpu, dan Pisau Terpisah

Biar tidak berantakan, alat makan seperti sendok, garpu, sumpit, dan centong nasi atau sup sebaiknya ditaruh di sebuah rak flat. Dengan begini, maka peralatan makan tersebut tidak saling bercampur dan menjadi lebih mudah saat akan diambil. Untuk pisau, tempatkan dalam posisi berdiri agar tidak melukai ketika kamu akan mengambilnya. Jadi lebih rapi dan enak dipandang kan Toppers?
tempat sendok dan garpu

Penataan Wadah Makanan

Kamu punya banyak stok cemilan dan kue kering? Supaya rapi, taruh berbagai cemilan kamu ke dalam wadah plastik atau toples dan atur penataannya di sebuah rak. Bedakan pula jenis wadahnya berdasarkan makanannya. Makanan kering atau kue-kue kering bisa kamu simpan di dalam toples. Sedangkan untuk kue basah, kamu bisa menyimpannya di wadah plastik. Atur posisinya sedemikian rupa agar tampilan dapur kamu menjadi sangat rapi sekaligus indah dilihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar